Compare Untung Rugi antara “Beli” dan “Sewa” untuk Generasi Milenial

Country General Manager Rumah123.com, Ignatius Untung, mengungkapkan saat ini sesungguhnya biaya yang dikeluarkan untuk menyewa rumah tidak terlalu berbeda jauh dengan biaya untuk menyicil rumah. Hal ini kerap tidak disadari para milenial.

“Biaya sewa di daerah Jabodetabek itu berkisar dari 36 persen hingga 56 persen dari besaran cicilan,” ungkapnya di Kantor Rumah123.com, Jakarta Selatan, kemarin.

Hal ini, menurut dia, harus dipahami oleh masyarakat terutama generasi milenial. Sebenarnya hanya dengan mengeluarkan tambahan uang sedikit lagi, mereka sudah bisa memiliki rumah sendiri alias tidak perlu sewa.

“Ini memang perlu edukasi untuk generasi milenial kita. Sebenarnya untuk barang yang disewa, kalau dua kali saja sudah bisa punya ngapain sewa. Tidak ada yang edukasi mereka. Kamu tambahin sedikit lagi, sudah bisa jadi punya kamu,” kata dia.

Dia pun mengatakan kepada generasi milenial yang sudah punya kemampuan menyicil rumah, untuk tidak menunda-nunda keinginannya memiliki rumah sendiri. Sebab, setiap tahun terjadi pengurangan ukuran rumah sebanyak 4 persen sampai 8 persen.

“Menunda membeli properti, siap-siap kehilangan 4 persen sampai 8 persen ukuran properti yang bisa dibeli setiap tahun. Karena semakin di tunda semakin mengecil,” jelas dia.

“Satu tahun kita menunda membeli rumah yang ukuran 100 meter beli tahun depan dia beli dengan ukuran 92 sampai 96 meter. Tahun berikutnya turun lagi. Berikutnya turun lagi,” sambungnya.

Oleh karena itu, menurutnya, semakin keinginan membeli rumah ditunda, malah semakin sulit bagi generasi milenial untuk memiliki rumah sendiri. “Semakin ditunda semakin tidak bisa. Terus ada yang bilang ‘kakak saya bisa’. Bisa memang tapi ukurannya lebih kecil,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Top