ASUS Zenfone 5 dengan ‘notch’ ala Iphone X

Produsen smartphone asal Taiwan, ASUS, telah merilis lini Zenfone terbarunya di ajang MWC 2018. Seperti biasa, ASUS menawarkan berbagai fitur baru di smartphone andalannya. Namun yang paling menonjol, tentu adalah desain Zenfone 5 yang memiliki ‘notch’ a la iPhone X.

Tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ASUS merilis beberapa smartphone. Mulai dari yang paling diandalkan yakni Zenfone 5, Zenfone 5 Lite, serta Zenfone 5Z.

Mari kita bahas.

Desain dan layar

Di Zenfone 5, kita sudah bisa mengucapkan selamat tinggal kepada bezel. Pasalnya, smartphone ini mengusung bezel minimal dengan rasio layar ke bodi yang sangat tinggi. Meminjam bahasa filosofi desain ‘notch’ atau lengkungan hitam yang pertama kali diusung iPhone X, membuat sebagian layar menjulang hingga ke atas. Hal ini mengesankan Zenfone 5 jadi smartphone yang tinggi dan langsung.

Desain ini bisa kita lihat di Zenfone 5 dan 5Z, di mana smartphone ini merupakan versi papan tengah dan flagship dari lini Zenfone 5. Kedua smartphone ini pun mengusung bodi metal dengan pola melingkar ala ASUS, yang terpusat ke fingerprint scanner. Sebaliknya di Zenfone 5 Lite, tidak ada desain metal, hanya perpaduan metal dan kaca.

Berita buruknya, semua lini Zenfone 5 tak mengusung headphone jack.

Soal layar, Zenfone 5 dan 5Z mengusung panel IPS LCD 1080 x 2280 dengan aspek rasio 18:9 di bentang layar 6,2 inci. Sementara Zenfone 5 Lite mengusung panel yang sama namun dengan aspek rasio 18:9.

Dapur pacu

Zenfone 5 merupakan smartphone papan tengah yang dimotori octa-core Qualcomm Snapdragon 636 dengan kecepatan clock 1.8 GHz. Prosesor ini dipadu dengan pilihan varian RAM 4GB atau 6GB dan storage 64GB. Sementara Zenfone 5Z merupakan flagship yang dimotori prosesor terbaru Snapdragon 845, dengan 3 varian yang bisa Anda pilih: 64 GB storage + 4 GB RAM, 128 GB storage + 6 GB RAM, atau 256 GB storage + 8 GB RAM.

Versi Lite pun sebenarnya masih cukup baik dari segi performa, karena menawarkan prosesor Snapdragon 630 yang dipadu RAM 4GB.

Kamera

Soal kamera, Zenfone 5 dan 5Z mengusung dual kamera (yang punya konfigurasi mirip dengan iPhone X), yang terdiri dari kamera utama 12MP dengan pixel berukuran 1,4 mikrometer dan bukaan f/1.8, serta kamera sekunder 8MP yang mengusung lensa 120 derajat wide angle. Tentu tak lupa dilengkapi dengan kamera selfie berukuran 8MP.

Sementara Zenfone 5 Lite merupakan smartphone di lini ini yang punya paling banyak kamera. Pasalnya, smartphone ini memiliki dua kamera di depan dan juga di belakang. Keduanya pun membawa konfigurasi kamera biasa dan juga wide angle. Bedanya, Zenfone 5 Lite mengusung kamera belakang 16MP, serta kamera depan 20MP untuk hasil selfie yang lebih tajam.

AI

Kecerdasan buatan atau AI, kini dijadikan basis untuk smartphone terbaru ASUS. Diklaim ASUS, lini Zenfone 5 ini memiliki berbagai fitur otomatis yang berbasis AI. Mulai dari mode auto kamera yang akan secara otomatis memilih warna yang terbaik. Selain itu terdapat fiut AI Photo yang mempelajari setelan edit foto Anda, dan mengaplikasikannya di masa depan.

Selain itu terdapat AI Boost, yang dapat meningkatkan performa smartphone, dengan memutus berbagai pekerjaan yang tidak diprioritaskan ada di smartphone Anda.

Selain itu, terdapat juga mode pengisian daya cerdas, yang akan memilih mode isi daya cepat atau isi daya semalaman. Hal ini jika kita mengisi daya semalaman, aliran listrik akan dibatasi sehingga kesehatan baterai tak akan terkuras.

Speaker dan UI

Di lini terbaru ASUS ini, speaker adalah salah satu keunggulan. Mengusung speaker stereo yang masing-masing berukuran cukup besar dan mengusung 5 magnet dan aplifier individual, tentu mampu menghasilkan suara yang lebih kencang serta distorsi yang lebih minim.

Soal UI atau laman antarmuka, kini ZEN UI pun makin bersih dengan ZenUI 5. Tak ada aplikasi duplikat, hanya aplikasi Google. Hal ini membuat kini ASUS mengusung antarmuka yang bersih, bebas bloatware, dan menjanjikan performa yang mulus.

Harga

ASUS belum membicarakan soal harga. Namun versi flagshipnya yakni Zenfone 5Z, disebut akan membawa baderol harga 499 dollar atau setara 6,8 juta Rupiah. Angka ini bahkan tak sampai separuh dari harga iPhone X.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Top