6 Wisata Kuno di New Delhi yang Wajib Anda Kunjungi

New Delhi merupakan ibu kota dari India. Selama berada di penguasaan Inggris, New Delhi didesain dengan jalan-jalan yang tertata rapi sebelum adanya bangunan-bangunan. Hal ini yang membuat menjelajahi New Delhi cukup mudah.

Sebagai Ibu Kota dari negara yang memiliki begitu banyak situs cagar budaya, New Delhi menawarkan wisata metropolitan sekaligus tempat-tempat warisan peradaban kuno. Beberapa bahkan cukup tersembunyi. Berikut beberapa permata tersembunyi di New Delhi yang harus dikunjungi.

1. Jahaz Mahal

Jahaz Mahal dibangun di antara abad ke-15 dan abad ke-16. Dikelilingi oleh kolam air membuat benteng kuno ini tampak seperti kapal yang sedang berlayar. Oleh karena itu, benteng ini diberi nama Jahaz Mahal yang berarti Istana Kapal.

2. Agrasen ki Baoli

Agrasen ki Baoli adalah sumur tua yang berbentuk tangga-tangga. Para warga dahulu memanfaatkan sumur ini untuk penyimpangan air sekaligus tempat beristirahat. Terletak di antara gedung-gedung tinggi dengan segala kesibukannya, sumur tua ini menjadi tempat yang tepat untuk mengingat sejarah pencapaian arsitektur India kuno sambil bersantai.

3. Jamali Kamali Mosque and Tomb

Jamali Kamali Mosque and Tomb adalah komplek masjid dan makam yang terbuat dari bata merah. Di komplek masjid ini Anda dapat menemukan ayat-ayat suci Alquran yang diukir di dinding Masjid, desain interior masjid yang dipengaruhi oleh berbagai budaya, serta makam seorang sufi yang bernama Syekh Jamali dan sahabatnya Kamali.

4. Adham Tomb

Adham Tomb atau makam Adham dikenal juga sebagai Bhool Bhulaiya. Terletak tepat di belakang Qutub Minar, monumen ini dibangun pada abad ke-16 setelah kematian Adham Khan. Desainnya yang berbentuk segi delapan dengan kubah membuat monumen ini sangat eye-catching.

5. Bhuli Bhatiyari ka Mahal

Bhuli Bhatiyari ka Mahal adalah istana kuno kecil yang terletak di taman Bhuli Bhatiyari. Istana ini merupakan pondok berburu yang dibangun Kaisar Feroz Shah Tughlaq pada abad ke-14. Selain digunakan sebagai pondok berburu, istana ini juga digunakan oleh anggota kerajaan sebagai tempat berlindung apabila terjadi ancaman. Oleh karena itu, istana ini dilengkapi dengan bastion atau tembok tebal sehingga menyerupai benteng. Bhuli Bhatiyari ka Mahal dianggap sebagai salah satu tempat terseram di New Delhi oleh masyarakat setempat karena beberapa pengunjung merasakan hal-hal di luar nalar. Bagi Anda yang siap uji nyali, Anda bisa mengunjunginya di malam hari.

6. Bara Gumbad

Bara Gumbad terletak di Lodi Garden atau Kebun Lodi yang memang sudah menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat ke New Delhi. Namun kebanyakan orang melewatkan sebuah masjid kuno yang bernama Bara Gumbad atau Kubah Besar. Bagian dalam masjid ini dihiasi oleh ukiran-ukiran ayat Alquran dan pola dekorasi berbentuk bunga dan bangun geometris khas arsitektur Arab. Bara Gumbad kini semakin membuktikan pengaruh kerajaan Islam pernah berdiri di New Delhi kuno.

Bagi Anda yang menginginkan sensasi pertemuan antara budaya metropolitan dengan budaya kuno, maka New Delhi adalah pilihan yang tepat. Anda tidak perlu khawatir karena penerbangan ke New Delhi tersedia cukup banyak. Maskapai, seperti Jetstar, juga menawarkan harga tiket yang terjangkau. Setelah puas berkeliling di New Delhi maka Rajasthan adalah tujuan wajib Anda selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Top