4 Anggaran Mudik Bermodalkan Pinjaman Online yang Perlu Dipangkas

Apakah Anda pernah punya masalah keuangan saat kembali dari mudik? Jika iya, pastikan agar masalah tersebut tidak terulang pada mudik Lebaran tahun ini. Meski Anda sudah mengantisipasinya dengan menabung sekaligus mengajukan pinjaman online, beberapa anggaran tetap harus dipangkas. Anggaran apa saja? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Dua Pasang Pakaian Baru

Anggaran pertama yang harus Anda pangkas adalah pakaian baru, khususnya Anda yang ingin beli pakaian baru lebih dari sepasang atau satu set. Cukup anggarkan biaya untuk satu pasang pakaian baru untuk digunakan pada hari H sejak shalat Idul Fitri.

Bahkan, jika Anda masih memiliki pakaian bagus yang masih terlihat baru, sebaiknya tidak perlu beli lagi. Jadi, anggaran beli pakaian baru bisa dialihkan ke anggaran mudik lainnya yang lebih penting, misalnya anggaran kesehatan yang biasanya diperlukan saat perjalanan mudik maupun selama menginap di kampung halaman.

2. Anggaran Berlibur atau Rekreasi

Bagi pemudik yang ingin menghabiskan waktu agak lama di kampung halaman, maka tidak afdol jika tidak mengajak keluarga besar untuk berlibur atau rekereasi bersama. Jika semua keluarga besar hadir dan ingin ikut rekreasi, anggaran biaya untuk liburan ini tentu sangat tinggi. Begitupula jika bayar masing-masing, anggaran rekreasi ini butuh biaya banyak.

Hal ini dikarenakan bukan hanya ongkos (bensin) dan biaya masuknya, tapi juga jajan dan makan siang yang biasanya jauh lebih mahal dari hari biasa. Apalagi tempat makan yang dekat dengan destinasi memang cenderung menawarkan harga yang berkali-kali lipat lebih mahal. Oleh karena itu, sebaiknya pinjaman online tidak Anda ajukan untuk kegiatan ini.

3. Anggaran Penginapan di Jalan

Bagi Anda yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh lebih dari 12 jam, sebaiknya tidak berangkat pada siang hari. Karena, rasa leleah akibat mengemudi pada siang hari dan berbuka puasa bisa membuat konsentrasi Anda menurun. Jalan terbaik adalah istirahat di penginapan terdekat.

Anggaran inilah yang sebenarnya bisa Anda pangkas karena jika Anda memilih untuk berangkat setelah Shubuh atau sebelum sahur (pukul 2 dini hari), maka bisa sampai di tempat tujan sebelum waktu berbuka. Kalaupun Anda merasa lelah, Anda bisa memilih posko atau tenda istirahat khusus peudik yang banyak disediakan relawan maupun pihak kepolisian.

4. Anggaran Makan Khusus Reuni

Bagi Anda yang sudah membuat anggaran mudik dan mencantumkan biaya makan untuk menghadiri beberapa reuni, sebaiknya coret atau kurangi jumlahnya. Setidaknya, hadiri satu acara reuni yang Anda anggap paling penting untuk dihadiri.

Cara ini cukup ampuh untuk menjaga kondisi kesehatan finansial Anda pasca mudik nanti. Lagipula, jika Anda menghadiri cukup lebih dari satu reuni, maka intensitas kebersamaan Anda bersama keluarga besar menjadi berkurang. Hal ini tentu berlawanan dari tujuan awal mudik Anda bukan?

Nah, selain keempat anggaran yang tidak terlalu penting tersebut, masih ada anggaran lainnya yang perlu dipangkas. Secara lebih spesifik, tentunya hanya Anda sendiri yang tahu aanggaran mana yang perlu dipangkas. Jadi, plafon dan tenor pinjaman online yang sudah Anda ajukan di tunaiku.com bisa dipilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Top